Headlines News :
Home » , , » AKSI KANINUS V adalah tentang pengabdian, silaturrahmi dan pembentukan karakter

AKSI KANINUS V adalah tentang pengabdian, silaturrahmi dan pembentukan karakter

Written By Jufri Andesda on Sabtu, 05 Desember 2015 | 09.54

DHE dan Sikat Gigi Massal
Empat puluh lima hari yang lalu tepatnya tanggal 22-24 oktober 2015 adalah hari-hari dimana memiliki nilai sejarah tersendiri bagi keluarga besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala(FKG Unsyiah). Di hari tersebut kami melakukan sebuah tanggung jawab moral sebagai dokter gigi yaitu bakti sosial yang kami namakan dengan AKSI KANINUS yang juga merupakan perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian.

Aksi Kaninus tahun ini merupakan yang ke-5 dimana Bireuen menjadi tempat yang kami pilih yaitu tepatnya di puskesmas kecamatan Jangka. Kegiatan yang kami lakukan di Aksi Kaninus V meliputi: DHE(Dental Health Education), PMT(Pemberian Makanan Tambahan ), Penanaman pohon dan gotong royong, Home Visit, Penyuluhan Napza, Lomba Azan dan surat pendek, Donor darah dan kegiatan utamanya adalah Pengobatan Gigi dan Mulut gratis.

Rangkaian-rangkaian kegiatan tersebut, semuanya di harapkan mampu menumbuhkan jiwa sosial dari seluruh mahasiswa FKG, rasa ingin membantu sesama sebagai mana agama Islam mengajarkan. Karena seharusnya “Khairunnas ma yanfa’u linnas” harus menjadi prinsip kehidupan setiap insan manusia terlebih seorang tenaga medis, dokter gigi yang memang hakikat pekerjaannya adalah membantu orang lain.


Selain rangkaian kegiatan yang luar biasa, yang paling berkesan di Aksi Kaninus V adalah silaturrahmi, baik sesama internal keluarga besar FKG Unsyiah maupun dengan masyarakat Kabupaten Bireuen khususnya masyarakat kecamatan Jangka. Aksi Kaninus V merupakan satu-satunya program yang dimana seluruh komponen FKG Unsyiah berkumpul dan bersama-sama saling membantu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Para dosen, alumni, dokter gigi muda dan mahasiswa pre-klinik mulai dari angkatan termuda sampai angkatan tertua ikut andil dalam Aksi Kaninus ini.

Interaksi-interaksi yang mungkin selama perkuliahan jarang terjadi karena masing-masing memiliki kesibukan tersendiri seperti misalnya “log book” bagi mahasiswa pre-klinik yang merupakan sebuah kata yang sangat-sangat tidak asing. Begitu juga mahasiswa klinik(dokter gigi muda) yang selalu sibuk dengan mencari pasien, merawatnya sampai mengantarkannya pulang kembali. Rutinitas-rutinitas itu menyita waktu untuk saling berjumpa dan berinteraksi dalam waktu yang lama. Hari-hari dikampus kalaupun ada interaksi, itu dalam konteks pembelajaran yang dapat dipastikan kaku.

Aksi Kaninus ini seolah-olah menjadi Super Hero yang datang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Karena itu tiga hari yang di jalani bersama-sama tersebut tentu memiliki kesan tersendiri bagi semua komponen dan pastinya dengan banyaknya interaksi itu membuat kami memiliki keakraban yang lebih di bandingkan sebelumnya. Di Aksi Kaninus ini pula kami bisa mengenal alumni-alumni yang selalu menjadi bagian dari cerita motivasi yang di berikan oleh dosen. Orang-orang yang telah mengalahkan berbagai rintangan untuk menjadi seorang dokter gigi.


 Selain itu hal yang paling luar biasa dari Aksi Kaninus ini adalah pembentukan karakter kepemimpinan, bagaimana mengumpulkan teman-teman panitia yang sangat banyak, menahan ego ketika kita mendengarkan pendapat orang lain dan bagaimana menahan emosi ketika kita sama-sama lelah dan yang paling-paling berkesan adalah bagaimana kita di hadapkan kepada dua hal yang sama-sama penting tapi satu hal yang harus dipilih untuk dikerjakan dalam waktu yang sama seperti meninggalkan kuliah yang semata-mata untuk mengharap ridha Allah untuk survey, lobby dan lain-lain.

Hal ini semua disebabkan karena keinginan kita semua yang menginginkan Aksi Kaninus V ini sukses. Karena keinginan itu persiapan yang dilakukan pun harus jauh-jauh hari dan mengorbankan banyak hal. Sebenarnya ketika berbicara tentang Aksi kaninus, setiap hari, jam, menit bahkan detik memiliki cerita tersendiri yang apabila diceritakan mungkin akan menyulut emosi, sedih, senang dan pastinya tidak akan habis dan bosan walaupun di bahas setiap hari.

 Di akhir tulisan ini, saya ingin menuliskan sebuah kalimat yang di nukilkan dalam “ Kitab Qishashu Wa ‘Ibad ” yang sangat menginspirasi kami, yaitu:

 “ Kalaupun suatu hari engkau lupa dimana benih itu kau tanam, maka hujan akan memberitahumu. Karena itu lakukanlah kebaikan dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun, meskipun kita tidak tahu, kapan dan dimana bisa memetik buahnya. Kalaupun buah itu tidak sempat kita petik di dunia, maka kita pasti akan memetiknya di AKHIRAT “
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

FKG Blog's Competition

FKG Blog's Competition

Find Us on Facebook :

Click Here !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. INSPIRATIF DAN TELADAN - " JIKA SESEORANG MENGUNGGULI MU DALAM HAL DUNIAWI MAKA UNGGULILAH DIA DALAM HAL UKHRAWI "
Template Design by Creating Website Published by Mas Template